Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya - Hallo sobat Aneka Resep Masakan , Pada artikel Resep masakan kali ini yang berjudul Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya, saya telah menulis artikel tentang resep masakan dari mulai bahan - bahannya, hingga cara penyajiannya. mudah-mudahan isi postingan resep masakan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, langsung saja ini dia resep masakannya.

Judul Artikel : Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

lihat juga


Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

Artikel ANEKA KUE BASAH, Kue bugis ketan adalah salah satu resep aneka kue basah kukus yang terbuat dari olahan tepung beras ketan, baik tepung ketan putih atau ketan hitam maupun perpaduannya untuk adonan kulitnya. Isi unti dari bahan kelapa parut dan gula merah juga merupakan ciri khas pada umumnya.
Resep Kue Bugis Ketan Hitam
Kue bugis mirip dengan kue mendut dalam jajanan tradisional khas Jawa. Teksturnya kenyal lembut dan rasanya gurih dari campuran santan kelapa, serta cita rasa manis legit isian unti kelapa parut dan gula merah turut andil sebagai daya tarik kelezatannya.

Berbungkus daun pisang merupakan versi yang umum dijumpai, bungkus plastik juga sdigunakan dalam versi yang berbeda. Kue bugis ketan hitam merupakan varian kue bugis yang juga sangat diminati.

RESEP KUE BUGIS KETAN HITAM :
Bagi sebagian orang kurang menyukai rasa unti yang terlalu manis, maka kita dapat mengatur gula merah atau gula pasir untuk unti warna putih dengan takaran yang pas menurut selera. Selain itu agar nantinya kue bugis setelah matang tidak lengket di daun, kita bisa mengolesi tipis minyak goreng pada daun pisang pembungkus kue bugis.

Bahan adonan kulit :
  • 200 gram tepung ketan
  • 50 ml air hangat
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • 125 ml santan dari 300 gram kelapa parut
  • 1 sdt garam
  • Daun pisang secukupnya, potong-potong dengan lebar 20 cm
Bahan unti :
  • 125 gram kelapa parut
  • 35 gram gula merah
  • 3 sdm air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT KUE BUGIS KETAN HITAM :
Berikut beberapa tahapan pembuatannya yang dapat menghasilkan 15 buah kue bugis.

Cara Membuat Isi Unti Kue Bugis
1. Tahap pertama adalah membuat unti, semua bahan dimasak menggunakan wajan sambil terus diaduk hingga kering dan tercampur rata, matikan api lalu sisihkan untuk adonan isi.
Adonan Kue Bugis
2. Selanjutnya, campurkan tepung ketan, tepung tapioka dan garam, tuang air hangat lalu uleni hingga halus. Kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis dan mudah dibentuk.
Cara Membuat Kue Bugis
3. Ambil 1 sendok makan adonan ketan dan bulatkan sebesar bola pingpong, pipihkan lalu letakkan 1 sendok teh isi unti di tengahnya kemudian bulatkan kembali.
Cara Membungkus Kue Bugis
Cara Membungkus Kue Bugis
4. Siapkan selembar daun pisang dan olesi tipis dengan minyak goreng, masukkan adonan kue bugis yang sudah diberi isi tadi, kemudian lipat dan bentuk sesuai selera atau mengikuti gambar cara membungkus kue bugis segitiga di atas.
Kue Bugis Ketan Hitam
5. Panaskan kukusan dengan api sedang, kukus kue bugis bungkus daun pisang selama 20 menit dan matang. Angkat kue bugis dan siap untuk disajikan.


Demikianlah Artikel Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya

Resep Masakan Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan artikel Resep Masakan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya dan artikel ini url permalinknya adalah https://anekaresepmaskan1.blogspot.com/2016/08/resep-kue-bugis-ketan-hitam-isi-unti.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tag : ,

0 Response to "Resep Kue Bugis Ketan Hitam Isi Unti Pas Manis Legitnya"

Posting Komentar